Rabu, 10 Februari 2010

Tugas IBD Pekan ke-2

Manusia dan Kebudayaan

1.Jelaskan Hakekat manusia

jawab : hakekat manusia adalah mahluk Tuhan, seorang khalifah yang diutus untuk memakmurkan bumi. selain itu, manusia adalah mahluk sosial, selalu bergantung kepada manusia lainnya maupun mahluk lain. manusia juga terkadang dapat menjadi srigala bagi manusia lainnya (Homo homini lupus) .

masyarakat yang saling tolong menolong adala
h hakikat manusia sebagai mahluk sosial.
(image by : www.afaqweb.com)


2.jelaskan tentang kepribadian bangsa Timur

jawab : Masyarakat asia, seringkali disebut dengan bangsa timur. bangsa yang sangat menjunjung tinggi kesopanan, adat istiadat serta terkenal dengan sifat ramah tamah nya. contohnya masyarakat Indonesia. dunia mengenal Indonesia sebagai bangsa yang ramah tamah, sopan serta menjunjung tinggi adat istiadat leluhurnya. Bangsa Timur memiliki kecenderungan positif dibandingkan budaya barat yang lebih liberal (bebas). Namun, seiring perkembangan dan globalilsasi di segala bidang, mulai muncul kecenderungan bangsa timur mengikuti budaya barat, walaupun tidak semua budaya barat diserap dan diikuti secara massal.

musik tradisional dapat dijadikan alat diplomasi dengan dunia luar.

(image by : m.kompas.com)

3.tunjukkan dan jelaskan bagan psiko-sosiogram manusia

7. Taksadar konsep

6. Subsadar freud

5. Kesadaran yang tak dinyatakan

4. Kesadaran yang dinyatakan konsep manusia berjiwa selaras

3. Lingkungan hubungan karib

2. Lingkungan hubungan berguna

1. Lingkungan hubungan jauh

0. Dunia luar

Berikut diatas merupakan bagan psiko-sosiogram manusia menurut Prof.Dr.koentjaraningrat dalam bukunya yang berjudul kebudayaan, mentalitas, dan pembangunan.

Sampai sekarang, ilmu psikologi di Negara Barat mengembangkan konsep-konsep dan teori-teori mengenai aneka warna isi jiwa, serta metode-meetode dan alat-alat untuk menganalisis secara mendetail variasi jiwa individu.

Menurut Francis L.K.Hsu, makhluk manusia masih memerlukan suatu daerah isi jiwa tambahan untuk memuaskan suatu kebutuhan rohaniah yang bersifat fundamental dalam hidup manusia. Daerah isi jiwa tambahan terhadap lingkaran-lingkaran 7, 6, 5, dan 4 yang menggambarkan kepribadian manusia tadi adalah daerah lingkaran 3.

(sumber: wikipedia)

4.jelaskan definisi kebudayaan

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat (sumber : wikipedia)
5.sebutkan dan jelaskan 7 unsur kebudayaan universal

jawab : unsur-unsur kebuadayaan universal diantaranya ,alat-alat teknologi , sistem ekonomi, keluarga, sistem pendidikan, fasilitas pendidikan, sistem politik.
semua unsur tersebut saling mempengaruhi da berkaitan satu sama lainnya. sehingga terbentuklah suatu kebudayaan dalam s
ebuah koloni atau masyarakat.
(image by :prasetya.brawijaya.ac.id)

6.sebutkan dan jelaskan 3 wujud kebudayaan menurut dimensi wujudnya.

jawab :

Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.

  • Gagasan (Wujud ideal)
    Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.
  • Aktivitas (tindakan)
    Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.
  • Artefak (karya)
    Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan.

Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.

(sumber : wikipedia)


0 komentar:

Posting Komentar