Jumat, 06 Januari 2012

Aplikasi Perhitungan dan Pendugaan Ketebalan dan Kedalaman perlapisan dalam Metode Geofisika Eksplorasi

Bidang eksplorasi gas, hidrokarbon maupun bahan tambang dan mineral banyak menggunakan metode-metode geofisika eksplorasi, namun disamping itu untuk interpretasinya tidak lepas dari informasi geologi yang sesuai dan tepat dengan lokasi penelitian ataupun lokasi survey. Memanfaatkan pendugaan dari survey dengan metode geofisika dan informasi geologis wilayah terkait, para pengeksplor gas, hidrokaron maupun bahan tambang dan mineral dapat melakukan eksplorasi dengan efektif dan efisien.
Salah satu ilmu geologi dasar dan geologi struktur dalam eksplorasi diantaranya adalah dalam penggunaan metode seismik bias (seismik refraksi) untuk eksplorasi hidrokarbon, setelah proses akuisisi data seismik dilakukan selanjutnya adalah interpretasi data dan mencocokkan dengan informasi geologis yang ada, dari data yang didapat para pengeksplor dapat menduga seberapa besar cadangan hidrokarbon yang ada dengan cara melihat seberapa tebal batuan reservoir dan seberapa jauh batuan reservoir tersebar. Ketebalan batuan reservoir yang memiliki porositas dan permeabilitas tinggi ini yang akan menjadi acuan untuk menentukan seberapa banyak cadangan dengan menganalisa setiap meter kubik batuan tersebut dengan hasil hidrokarbon yang dapat diproduksi. Sementara itu pendugaan kedalaman biasanya diprioritaskan untuk memperkirakan biaya pengeboran.
Selain itu dalam eksplorasi batubara (coal) dengan menggunakan metode resistivitas (geolistrik). Para pengeksplor seringkali menggunakan data hasil inversi untuk menentukan ketebalan perlapisan batubara dan kedalaman batubara sesuai dengan nilai resistivitas yang didapat dari survey resistivitas yang telah dilakukan sebelumnya.



Daftar pustaka :
Rachmat, Sudjati,. 2007. Reservoir Minyak dan Gas Bumi . Buku Pintar MIGAS Indonesia : halaman 1-3.
Broto, S., Afifah, R.S., 2008. Pengolahan Data Geolistrik dengan Metode Schlumberger. Survei Geofisika Eksplorasi Jurusan Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro : halaman 122-125.
Suparno, Supriyanto,. 2009. Energi Panasbumi “A Present from the heart of the Earth” . Departemen Fisika, Lab. Geofisika FMIPA Universitas Indonesia : halaman 15 -20.

0 komentar:

Posting Komentar