Minggu, 12 April 2009

Search Engine Terpopuler

Mau cari informasi di internet, sekarang cukup mudah. Mau informasi apa saja di dunia ini sekarang bisa dilacak dengan cepat oleh Mesin Pencari (Search Engine). Nah, bicara tenntang Mesin Pencari, tentu saja nama Google ada di urutan teratas sebagai mesin pencari no.1 di dunia. Tapi selain Google, ternyata banyak perusahaan yang berlomba-lomba membuat mesin pencari yang lebih canggih, lengkap dengan segala fitur lainnya.

Mesin pencari sendiri bekerja mirip dengan laba – laba. Mereka menjaring dokumen sebanyak-banyaknya, sembari itu, ada progam lain, sang pengindex, yang memilah dokumen yang pas dengan kata kunci yang dimasukkan, lalu diurut. Tentu saja, masing-masing mesin pencari punya rahasia dagang sendiri, seperti tentang spesifikasi algoritmanya.

Yahoo!, MSN(Microsoft) Live Search adalah nama mesin pencari lainnya yang paling populer di dunia, selain Google tentunya. Selain mereka bertiga, ternyata telah banyak bermunculan mesin pencari lainnya, yang berusaha mengakali Google supaya mencapai ranking teratas. Beberapa diantaranya adalah :

Ask.com (Kelas : Question Answer )
Dulu namanya adalah Ask Jeeves (Jeeves adalah karikatur eksekutif pria yang lihai menjawab segala pertanyaan). Situs ini bisa menjadi alternative sebab masih bisa menemukan situs yang terkubur akibat spam di jejaring mesin pencari lainnya. Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.

Picsearch.com (Kelas : Multimedia)
Situs dari Swedia ini sangat spesifik terhadap pencarian image, rupa, gambar, sketsa, dan setiap bentuk visual. Ia sendiri sudah dalam 3 besar bersama Google dan Yahoo! Hebatnya lagi, ia juga mampu membaca 4 jenis huruf selain Latin : Mandarin, Rusia, Arab, dan Yahudi. Ada juga pilihan kategori, seperti hitam putih, animasi, dan ukuran yang diinginkan.

Tubesurf.com (Kelas : multimedia)
Mendengar namanya saja, tentu anda langsung mengingat YouTube. Bukan, ini bukan milik YouTube, tetapi milik Google, begitu juga dengan YouTube. Tampilan Tubesurf begitu mirip dengan kongsi induknya. Bagaimanapun Google sendiri memandang perlu untuk membuat mesin pencari khusus video. Tubesurf mencari di 4 kanal video saat ini, yaitu YouTube, MySpace Videos, Google Video, dan Yahoo! Videos

Rollyo.com (Kelas : Social)
Ia meminjam metode pencarian seperti Yahoo! Tetapi menyediakan saringan kalau anda hanya ingin mencari sumber kategori tertentu. Maka, anda pun bisa menyaring sumber yang berbau porno, seperti halnya mesin pencari Maggelan dan Lycos. Sayang, halamannya sesak iklan dan berita, seakan mau bertarung juga dengan MSN yang memberi layanan terpadu.

Dogpile.com ( Kelas : Metasearch Engine )
Metasearch artinya mesin pencari ini menggunakan system yang mengadopsi metode mesin pencari lainnya seperti Google, Yahoo!, MSN, dan bahkan Ask. Diharapkan dengan system multi-cross-check, tingkat relevansi pencarian semakin tinggi. Inilah yang menjadi dagangan utama situs bermaskot anjing Dalmatian, Arfie, (mungkin maksudnya bisa mengendus lebih baik dari yang lain). Tidak hanya urusan pencarian data tertulis, Dogpile juga menggarap lahan audio dan video; dengan metode yang sama

Wikiseek.org ( Akan diluncurkan)
Mainan baru Wiki untuk menggempur Google. Setelah populer berkat Wikipedia dan turunannya, Wiki berusaha menambah satu tentakel gurita bisnisnya lagi (seperti yang dilakukan Google lewat Gmail, Goolge Earth). Keunggulannya belum secara spesifik ditunjukkan selain dari kecepatan dan ketepatan seperti yang dipunyai Google.

0 komentar:

Posting Komentar