Selasa, 21 April 2009

UN masih jauh dari kata "bersih"


Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat yang telah dimulai satu hari yang lalu masih jauh dari kata "bersih". beberapa oknum pengedar kunci jawaban masih dapat dijumpai dikebanyakan sekolah, terutama di Kabupaten Bogor. UN yang seharusnya menjadi titik ukur kemampuan dan kesiapan siswa dalam membuktikan hasil belajarnya selama tiga tahun seolah hanya menjadi formalitas saja. Bahkan sebagian besar siswa hnya menganggap UN seperti ulanagn harian.

Beberapa hari sebelum UN dimulai bahkan oknum-oknum liar seperti itu sudah mulai menjajakan jasa untuk pembelian kunci jawaban. berdasarkan informasi kisaran harga untuk kunci jawaban UN IPA/IPS tingkat SMA mencapai 700 ribu - 1 juta rupiah. bahkan ada beberapa sekolah yang rela membeli soal dan mempublikasikan jawabannya kepada siswa-siswanya sebaleum UN dimulai. Sungguh suatu hal yang ironis dimana seorang pengajar pun mendukung tindakan yang menyalahi aturan dan ketentuan ini. namun apa adaya, demi sebuah kelulusan apa pun dilakukan para siswa SMA dan sederajat ini.

Tetapi walaupun begitu, saya tetap memberi semangat bagi teman-teman yang masih berusaha jujur. heheh... semoga kita semua lulus dengan nilai yang terbaik . amiiin... !!!!

0 komentar:

Posting Komentar