Senin, 16 November 2009

Sekjen PBB Ikut Berpuasa


Sabtu, 14 November 2009, Saya sempat terkejut saat membaca berita ini di sebuah media cetak. Saat itu saya melihat sebuah judul besar "Sekjen PBB Ikut Berpuasa". Unik sekali menurut saya pribadi, namun saat membaca secara keseluruhan, ternyata hari itu adalah sepekan menjelang KTT Keamanan Pangan. Ban-Ki Moon, sekjen PBB saat ini berpuasa untuk solidaritas atas kelaparan yang diderita oleh hampir satu miliar warga dunia yang sedang kelaparan. Ban-Ki Moon juga mengajak kepada seluruh warga dunia untuk mengikutinya, sekedar untuk solidaritas dan agar kita bisa dapat lebih bersyukur.
Berdasarkan berita yang saya baca, pada KTT Kemanan Pangan tersebut akna dibahas mengenai kekurangan pangan yang diderita di berbagai belahan dunia, serta bagaimana menyikapi krisis ekonomi dan krisis energi. Ban-Ki Moon juga megatakan akan membahas masalah perubahan iklim global pada pertemuan di Kopenhagen mendatang.
Pada KTT yang berlangsung di Roma itu, Ban sempat meyatakan keprihatinan kepada warga dunia kerna sangant ironis kasus kelaparan kali ini dimana saat ini kebutuhan pangan sudah lebih dari cukup namun masih banyak kasus kelaparan yang terjadi di bergbagai belahan dunia, hal ini tidak lain adalah akibat dari meningkatnya krisis ekonomi global. di negara kita pribadi saya menyoroti juga masih banyak sekali kasus serupa. Mulai dari kasus kelaparan yang menimpa anak-anak dibawah usia hingga usia lanjut yang mengakibatkan tidak sedikit korban meninggal akibat kelaparan.
Semoga saja keadaan ini akan berangsur membaik sehingga masyarkat dunia bisa menjadi masyarakat yang sejahtera. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar