Selasa, 08 Desember 2009

Koin Cinta Prita : Dari Pemulung hingga Pejabat


08/12/2009. Selasa. Hari ini saya disibukkan dengan pekerjaan rumah, memang seperti inilah seharusnya kebiasaan saya saat libur kuliah atau tidak ada jadwal masuk pagi. Kebetulan seklai tadi pagi , kira-kira pukul 6.30 an , saya sempat melihat sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta yang cukup update tentang berita-berita di media saat ini.

Awalnya saya sedikit kurang mengerti mengenai "Koin Cinta untuk Prita", namun berita di TV pagi tadi sedikit menambah informasi untuk saya, sedikit miris memang melihat nasib Ibu Prita Mulyasari, seorang ibu rumah tangga yang mencoba berbagi pengalaman di media elektronik namun harus menelan pil pahit saat pihak yang bersangkutan meminta pertanggungjawaban atas "curhat" tersebut. Ya, Prita akhirnya dibebaskan dari hukuman penjara, namun dengan sebuah kompensasi sebesar 204 juta rupiah untuk uang ganti rugi pencemaran nama baik. Hal ini sontak muncul ke media dan mengundang rasa simpatik dari seluruh kalangan. Tidak hanya di daerah Jabodetabek, bahkan aksi solidaritas untuk Prita telah sampai di sulawesi. Sebuah pemandangan yang mengundang decak kagum.

saya pribadi sedikit agak bingung dikala ada lagi kasus yang menimpa pasien rumah Sakit OMNI Internasional yang mengadukan pelayanan RS yang berada di kota Tangerang, Provinsi Banten ini. Pihak rumah sakit malah menawarkan uang damai sebesar 1 M. sangat ironis disaat seorang pasien yang mengadukan pelayanan melalui blognya harus menanggung ganti rugi 200 juta lebih, namun disisi lain seorang yang posisinya sama malah mendapat tawaran yang "menggiurkan". Ironis hukum di Indonesia , hukum memang dapat dibeli dengan uang . namun bangsa Indonesia tidak akan tinggal diam. Bahkan aksi solidaritas "Koin Cinta Untuk Prita " banyak mengundang reaksi dari anak-anak sekolah dasar hingga kalangan pejabat tinggi.
penggalangan dana solidaritas ini telah berlangsung sejak hari jumat , dan saya sempat membaca di media cetak kalau ada sebagian kalangan yang telah mempersiapkan sebuah konser amal untuk Prita .

Semoga kasusnya cepat tuntas dan keadilan dapat ditegakkan.

0 komentar:

Posting Komentar