Selasa, 28 September 2010

Pengenalan Geofisika

Assalamualaikum


Wah bingung juga nih mau nulis apa di sini... oke deh kawan-kawan pembaca, ini hanya sekedar rangkuman materi dari apa yang dikatakan Dosen dan literatur-literatur yang saya dapat di internet dengan bantuan Google. :D

Geofisika..
Sebuah kata yang mungkin sering sekali kawan-kawan dengar. Ya, Geofisika erat sekali kaitannya dengan eksplorasi sumber daya alam, bencana alam dan penelitian lain.
singkat cerita, Geofisika memang penting untuk kelangsungan kehidupan manusia di muka bumi ini, Geofisika membantu kita menemukan berbagai keperluan mineral di dalam perut bumi, serta membantu menganalisis berbagai macam aktivitas bumi yang kadangkala berakibat bencana alam seperti Gempa Bumi, Erupsi gunung api dan Tsunami.

Apa sih sebenarnya Geofisika itu ?
Berdasarkan artikel yang saya baca di sini ,Geofisika itu adalah sebuah ilmu pengetahuan yang merupakan turunan dari ilmu Fisika, yang mana studi nya meliputi sifat dan aktivitas kebumian yang dipelajari dengan konsep dan prinsip yang ada pada Ilmu fisika.

Geofisika sangat memerlukan penguasaan konsep dasar Fisika yang kuat, namun Geofisika juga sangat membutuhkan keahlian Geologi yang baik, oleh karena itu para ahli Geofisika sangat dibutuhkan untuk kebutuhan eksplorasi hidrokarbon.
Metode-metode geofisika yang penting dipelajari ada dua jenis :

1. Metode aktif : yaitu membuat medan gangguan, dan menunggu respon dari aktivitas bumi yang diakibatkan dari gangguan tersebut, misalnya ledakan dinamit, aliran listrik ,sinyal radar dan sebagainya.

2. Metode pasif : yaitu mengamati medan alami bumi seperti gelombang gempa bumi, medan gravitasi bumi, medan listrik dan elektromagnetik bumi serta radioaktivitas bumi.

Indonesia masih sangat memerlukan ahli-ahli ilmu geofisika untuk mengeksplorasi sumberdaya alam yang ada dibawah bumi Indonesia agar tidak lagi memerlukan tenaga ahli dari luar. Namun disamping itu instrumen untuk keperluan eksplorasi harus diperbaharui agar mendapat hasil yang maksimal.

oke.. sekedar review kuliah saja kawan.. hehehe :D
semoga berguna untuk menambah wawasan kawan-kawan pembaca.
Wassalam..

0 komentar:

Posting Komentar